10 Cara Cek Turnitin Gratis Tanpa Bayar

Sebagai seorang penulis atau mahasiswa, pastinya Anda pernah merasa khawatir dengan plagiarism atau tindakan menjiplak saat menulis tugas atau karya tulis. Salah satu cara untuk memastikan keaslian karya Anda adalah dengan menggunakan Turnitin. Namun, seringkali biaya untuk menggunakan layanan Turnitin cukup mahal. Untungnya, Anda bisa melakukan pengecekan plagiarism secara gratis tanpa harus membayar. Berikut adalah 10 cara cek Turnitin gratis tanpa bayar yang bisa Anda coba:

1. Melalui Situs Resmi Turnitin

Jika Anda memiliki akun mahasiswa atau dosen, Anda dapat menggunakan layanan Turnitin secara gratis melalui situs resmi mereka. Cukup unggah dokumen Anda dan tunggu hasil pengecekan.

2. Menggunakan Alternatif Software

Ada beberapa alternatif software lain yang bisa digunakan untuk mengecek plagiarism secara gratis, seperti Grammarly, Quetext, atau Copyscape. Meskipun tidak seakurat Turnitin, namun bisa menjadi pilihan yang baik.

3. Meminta Bantuan Teman atau Dosen

Jika Anda kesulitan menggunakan software cek plagiat, Anda juga bisa meminta bantuan teman atau dosen untuk membantu mengecek keaslian karya Anda.

4. Menggunakan Google Search

Selain software khusus, Anda juga bisa menggunakan mesin pencari seperti Google untuk mengecek keaslian tulisan Anda. Cukup copy-paste beberapa paragraf dan cari di Google apakah terdapat kesamaan dengan karya orang lain.

5. Melakukan Cross-checking

Sebelum mengumpulkan tugas atau karya tulis, pastikan untuk melakukan cross-checking dengan referensi atau sumber yang Anda gunakan. Hal ini dapat membantu menghindari plagiarism.

6. Membuat Paraphrase

Jika Anda menggunakan kutipan langsung dari sumber lain, pastikan untuk melakukan paraphrase atau mengubah kata-kata sehingga tidak terjadi kesamaan dengan karya asli.

7. Menggunakan Plagiarism Checker Online

Ada banyak plagiarism checker online yang bisa Anda gunakan secara gratis, seperti SmallSEOTools, Plagramme, atau SearchEngineReports. Cukup unggah dokumen Anda dan tunggu hasil pengecekan.

8. Bergabung dengan Forum Online

Bergabung dengan forum online seperti ResearchGate atau Academia.edu juga dapat membantu dalam mengecek keaslian karya Anda, sekaligus mendapatkan feedback dari para ahli di bidang tersebut.

9. Meminta Feedback dari Peer Reviewer

Jika Anda sedang menulis artikel ilmiah atau paper, pastikan untuk meminta feedback dari peer reviewer mengenai keaslian karya Anda sebelum mengirimkannya ke jurnal ilmiah.

10. Menyimpan Bukti Penulisan

Terakhir, pastikan untuk menyimpan bukti penulisan Anda, seperti catatan, draft, atau referensi yang digunakan. Hal ini dapat membantu menunjukkan proses penulisan karya Anda secara transparan.

Dengan 10 cara cek Turnitin gratis tanpa bayar di atas, Anda dapat memastikan keaslian karya tulis Anda tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan. Jadi, jangan ragu untuk mencoba salah satu cara di atas dan jaga integritas penulisan Anda!

Jika Anda memiliki pengalaman lain dalam mengecek keaslian karya tulis secara gratis, jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar di bawah. Terima kasih telah membaca!

Scroll to Top